Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Masa Depan UMKM

Era revolusi industri 4.0 membawa beberapa perubahan positif untuk bangsa, tak terkecuali bagi pelaku industri UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang juga menginginkan masa depan yang cerah.

Lebih dari 50 juta penduduk Indonesia berprofesi sebagai pelaku UMKM, memanfaatkan kemampuan tradisional dalam menciptakan sebuah produk baik makanan, minuman ataupun kerajinan tangan.

MENGAPA UMKM

UMKM merupakan pola industri yang hampir digeluti oleh sebagian besar masyarakat di negeri ini alasannya tak lain karena modal utama dalam menjalankan UMKM terbilang masih terjangkau ketimbang membuka usaha macro yang membutuhkan asupan modal yang besar.

Era Revolusi industri 4.0 beberapa dekade yang lalu telah ” meledak” hal tersebut ditandai dengan munculnya pembaruan di semua bidang kehidupan dengan teknologi sebagai penggerak utamanya tak terkecuali di bidang UMKM.

Tantangan terbesar yang dihadapi UMKM dalam era revolusi 4.0 ini adalah kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan teknologi yang ada, saat ini memang ada sebagian UMKM yang Go-Online namun masih banyak juga yang bersifat Offline oleh karenanya kehadiran pemerintah dan pelaku industri lainnya sangat dibutuhkan.

Kehadiran pemerintah yang sangat dibutuhkan ialah mendorong agar terciptanya suatu sistem digitalisasi yang terkoneksi antara para pelaku Usaha UMKM, karena hampir dalam era revolusi industri 4.0 proses penjualan / promosi barang UMKM via konvensional hampir sudah tidak efektif lagi.

Proyek digitalisasi tentunya memberikan keuntungan dan efektivitas bagi para pelaku Usaha UMKM misalnya dengan ada digitalisasi yang terkoneksi luas maka pelaku usaha UMKM dapat menyebar luaskan barang / jasa yang mereka jual atau dengan kata lain menciptakan pasar yang luas sehingga dapat menambah keuntungan bagi UMKM itu sendiri.

UMKM Go Digital | sumber : Kominfo

DIGITALISASI MASIH MENJADI FAKTOR KENDALA TERBESAR

Masa depan UMKM bisa dilihat dengan sejauh mana para pelaku usaha bisa memanfaatkan teknologi yang ada, namun sayang ada sebahagian pelaku UMKM masih asing dengan digitalisasi dan mereka masih nyaman dengan pola konvensional, faktornya utamanya ialah “Gagap Teknologi”.

Selain adanya faktor gagap teknologi salah satu yang menyebabkan terkendalanya digitalisasi ialah kurangnya peranan aparatur penegak hukum terhadap pelaku kejahatan dalam dunia teknologi / digitalisasi misalnya sampai saat ini masih banyak akun media sosial (digitalisasi) yang menawarkan produk/ jasa semu yang tentunya bukan hanya merugikan konsumen namun berdampak juga kepada pelaku usaha UMKM dibidang yang sama.

MASA DEPAN UMKM

Kebutuhan akan industri UMKM dimasa yang akan datang tentunya sangat diperlukan karena dengan adanya UMKM ini maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat pula sehingga mengurangi jumlah pengganguran di negeri ini, misalnya saja dalam satu daerah terdapat 9000 UMKM dan setiap UMKM memilih 3 orang karyawan berarti UMKM tersebut telah memberikan lapangan pekerjaan kepada 27.000 orang.

Pengaruh UMKM bagi kemajuan bangsa ini telah teruji berulang kali diantarnya adalah pada saat krisis moneter 1997 dengan jatuhnya Rupiah terhadap Dollar yang tadinya 2.500 per-dollar berubah menjadi 16.000 per-dollar, tapi sektor UMKM justru memberikan gairah ekonomi tersendiri di tanah air dan faktanya mereka mampu bertahan dalam melawan krisis moneter tersebut.

SOLUSI MASA DEPAN CERAH UNTUK UMKM

Memulai diri untuk belajar teknologi melalui kursus UMKM berbayar seperti yang disajikan oleh Edukasi 4.0

Bergabung dengan komunitas UMKM

Mengetahui kegiatan yang diberikan pemerintah, seperti Bekraf, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, dan sebagainya

Mendaftarkan produknya ke marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, Shopee, dan sebagainya

Update dengan program BUMN. seperti Telkom, Pelindo, PLN, PGN dan sebagainya

Mengetahui program universitas untuk UMKM

Mulai berjualan di sosial media menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya

Mulai menggunakan website untuk berjualan, jika tidak paham bagaimana membuat website, bisa mengikuti kursus membuat website di Edukasi 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 telah berjalan dengan teknologi sebagai pemain utamanya oleh karena itu penggunaan teknologi bagi pelaku usaha UMKM bukan lagi menjadi sesuatu yang sifatnya “sunnah” melainkan sudah “wajib” sehingga dengan demikian masa depan UMKM ditanah air dapat membawa angin yang segar bagi  perekonomian negeri ini terlebih lagi ditahun 2030  Indonesia digadang-gadang masuk kedalam jajaran negara top 10 perekonomian global.


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Juli 7, 2019

0 responses on "Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Masa Depan UMKM"

Copyright © 2019 Edukasi 4.0 | PT Nur Teknologi Nusantara
WhatsApp chat
X
%d blogger menyukai ini: