fbpx

Strategi Pemerintah Menuju Industri 4.0

Dirilisnya peta jalan “Making Indonesia 4.0” menjadi tanda bahwa pemerintah serius dan siap membawa Indonesia menuju Industri 4.0.

Berdasarkan Global Competitiveness Report 2017, posisi daya saing Indonesia berada di peringkat ke-36 dari 100 negara.

Walaupun telah naik sebesar 5 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya, pemerintah merasa perlu melakukan perubahan secara sistematis dan menerapkan strategi untuk berkompetisi.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dirilisnya peta jalan industri 4.0 merupakan salah satu cara untuk mencapai aspirasi besar nasional, yakni membawa Indonesia menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030, mengembalikan angka net export industri 10 persen, peningkatan produktivitas tenaga kerja hingga dua kali lipat dibanding peningkatan biaya tenaga kerja, serta pengalokasian 2 persen GDP untuk R&D teknologi dan inovasi.

Untuk
mencapai hal tersebut, pemerintah telah menyiapkan 10 langkah prioritas
nasional untuk mengimplementasikan peta jalan “Making Indonesia 4.0”.

“Dirilisnya peta jalan ini memudahkan kita untuk mencapai target nasional sehingga kita sudah memiliki arah yang jelas. Ada 10 langkah prioritas nasional yang akan kita terapkan,” ujarnya di acara Obsat ke-202 (11/5/2018).



Langkah pertama yang akan diambil adalah memperbaiki alur aliran material sehingga dapat memperkuat produksi material sektor hulu melalui peningkatan kapasitas dan percepatan adopsi teknologi.

Kedua, pemerintah akan membangun peta jalan zona industri nasional untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi beberapa zona industri.

Ketiga, pemerintah akan mengakomodasi standar keberlanjutan, contohnya industri berbasis teknologi bersih, biokimia, dan energi terbarukan.

Edukasi 4.0 (@edukasi4.0) * Instagram photos and videos

95 Followers, 0 Following, 13 Posts – See Instagram photos and videos from Edukasi 4.0 (@edukasi4.0)

Keempat, kita akan mendorong UMKM yang kita sebut enabler. Jadi kalau dulu korporasi itu yang berkumpul yang punya modal dan membentuk PT. Tapi di ekonomi digital yang bergabung adalah orang per orang, ini persis seperti koperasi,” tutur Airlangga.

Kelima, kata Airlangga, pemerintah akan membangun infrastruktur digital nasional. Prioritasnya adalah pembangunan jaringan internet berkecepatan tinggi dan platform digital yang dapat memuluskan transisi menuju industri 4.0.

Langkah keenam adalah dengan menarik investasi asing. Pemerintah menargetkan perusahaan manufaktur terkemuka global melalui penawaran yang baik serta insentif untuk mendorong percepatan transfer teknologi ke perusahaan lokal.

Ketujuh, pemerintah akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan kualitas sekolah kejuruan serta mengubah kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perubahan industri 4.0.

Selanjutnya, pemerintah akan membentuk pusat ekosistem inovasi berupa sentra R&D termasuk di dalamnya perlindungan hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Langkah kesembilan, pemerintah akan memberikan insentif untuk investasi teknologi, yaitu mendesain ulang rencana insentif adopsi teknologi. Sedangkan harmonisasi antara aturan dan kebijakan untuk mendukung revolusi industri 4.0 menjadi strategi terakhir yang akan diterapkan oleh pemerintah.


Ikuti kursus ekslusif Industri 4.0 dibawah ini

Spread the love
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    9
    Shares
  • 9
    Shares
April 28, 2019

0 responses on "Strategi Pemerintah Menuju Industri 4.0"

Copyright © 2019 Edukasi 4.0 | PT Nur Teknologi Nusantara
WhatsApp chat
X
%d blogger menyukai ini: